SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PRODUKSI KERIPIK PISANG

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

PRODUKSI KERIPIK PISANG

I. PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Kondisi Ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyarakat di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Dengan kondisi seperti itu saya bermaksud membuat sebuah usaha. Saya akan membuat keripik pisang, dan dengan saya membuat keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang. saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan ,maka saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.

ALASAN

Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun. saya lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang. Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima. Karena keripik pisang sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, saya akan menjamin kualitas produk ini. Karena pisang merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang ini maka saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik. Dalam pembuatannya pun mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu produk. Selain itu juga saya akan melakukan pengemasan pada keripik pisang yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini. Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.

TUJUAN

Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :

1. Memasarkan produk hasil olahan kepada teman-teman sekelas.

2. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar teman-teman sekelas mengetahui bahwa keripik pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.

II. PERENCANAAN PEMASARAN

1. TARGET PASAR

Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.

PROMOSI

Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :

1. Pertama adalah saya akan mempromosikan usaha saya kepada teman-teman didepan kelas.

2. Melakukan penjualan langsung, langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.

III. PROSES PEMBUATAN

Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana, dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat – alat dan bahan – bahan. Setelah alat dan bahannya telah siap maka proses pembuatannya pun dapat dilakukan. Alat – alat dan bahan – bahan pembuatan keripik pisang ini sederhana dan mudah didapatkan, tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang ini mudah dan sederhana sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat membuatnya.

1. Alat dan Bahan

Alat – alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah :

–        Penggorengan (wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses penggorengan.

–        Parutan pisang atau pisau digunakan untuk memotong pisang

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini adalah :

–        Pisang, pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang nipah yang masih hijau.

–        Minyak goreng,

–        Gula

2. langkah-langkah atau proses pembuatan

–        Langkah awal saya yaitu memilih pisang nipah yang hijau untuk dijadikan produk.

–        Kemudian, pisang dikupas, diiris tipis-tipis.

–        Sementara pisang sedang dikupas, rebuslah air dan campurkan gula.

–        Goreng pisang yang sudah diiris sampai setengah matang.

–        Masukkan pisang yang sudah digoreng kedalam air gula.

–        Rendam kira-kira 5 menit.

–        Lakukan penggorengan ulang hingga pisang menjadi kuning-kecoklatan.

–        pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam beberapa menit.

–        Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.

Itulah proses pembuatan keriping pisang, mudah dan sederhana, tidak memerlukan bahan atau alat yang rumit. Tetapi dapat menghasilkan kripik pisang yang enak dan gurih.

IV. PERENCANAAN BISNIS

Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk tersebut.agar rasa keripik pisang ini gurih, renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya dibutuhkan bumbu – bumbu sebagai penyedap rasa dalam keripik pisang ini. Dalam proses pembuatannya juga saya Bekerja sama dengan teman saya untuk membantu saya dalam memproduksi keripik pisang ini, dan setelah keripik pisang ini matang maka langkah selanjutnya adalah pengemasan maka saya membutuhkan kemasan untuk mengemas keripik pisang ini sebagai biaya pembungkus, setelah semuanya sudah siap maka keripik pisang tersebut tinggal dipasarkan / dijual.

Adapun harga – harga dari bahan – bahan pembuatan keripik pisang dan biaya – biaya yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :

–        Pisang Rp. 2.500 / kg

–        Gula Rp. 1.000/ons

–        Biaya pembungkus Rp. 1.000 +Rp. 4.500

Harga jual keripik pisang ini Rp. 1.000/bungkus

Kripik dijual sebanyak 9 bungkus

Maka penjualan kripik : 9 X Rp. 1.000 = Rp.9.000

Jadi labanya : harga jual – modal

9.000 – 4500 = Rp. 4500

Itulah perhitungan modal yang akan keluar dan perhitungan laba yang akan diperoleh selama proses produksi keripik pisang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s