5w + 1h

erinspirasi dari pelajaran dibangku kuliah mengenai 5W dan 1H. Pasti Anda bertanya-tanya apa itu 5W dan 1H, jawabannya adalah what, where, when, who, whom, dan how. Dan ternyata tidak hanya dalam mata kuliah atau pelajaran saja 5W dan 1H dapat diterapkan Pada blogging pun hal tersebut dapat diaplikasikan, benarkah?langsung saja kita share bareng, ini dia :
1. WHAT
Apa ==> topik / content utama dari blog yg dibuat dan tujuannya. Istilah kerennya, visi dan misi.
Apakah wide topic ato narrow / niche-specific. Apakah untuk sekedar untuk asik-asik aja, memamerkan produk, memusuhi produk, dsb. Ini adalah langkah utama yg harus jelas krn akan berkaitan dng poin” yg lain.
Kebanyakan blogger membuat blog secara asal. Pokoknya tinggal cari topik (biasanya yang high-paying keyword) dan posting. Ini adalah kesalahan dasar yangg sering dilakukan karenm meskipun blog anda memiliki konten terfokus sekalipun, konsepnya tidak akan jelas.
2. WHO
Siapa ==> siapakah si blogger / penulis / pemilik blog. Bagaimana karakteristik, sifatnya, dll.
Pada awalnya, blog disamakan dengan diari. Dengan membaca blog milik orang lain, sedikit banyak kita tau karakteristik dari pemilik
3. WHOM
Siapa ==> target visitor anda
untuk menentukan poin 2, tentunya Anda juga harus tau siapa target visitor Anda dan bagaimana kira” karakteristik mereka. Jangan menulis tentang musik klasik tentang dengan karakter dan cara penulisan yang kasar dan menggebu”. Gak nyambung kan?
4. HOW
Bagaimana ==> bagaimana menulis posting / artikel / berita
Poin 4 adalah implementasi dari ketiga poin di atas. Setelah kita mendapatkan karakter yang kita mau, terapkan dalam posting yang kita buat. If you play smart, make people think that you’re really smart. Vice versa. So on. Libatkan diri anda sebisa mungkin dalam tulisan yang dibuat, termasuk keluarga, teman, tetangga, musuh, artis, bahkan presiden sekalipun. Libatkan perasaan anda. Tunjukkan bahwa anda benar” menulis apa yg anda rasakan, bukan sekedar yang anda tau.
Jangan lupa, Anda TIDAK HARUS mencintai topik yang anda tulis. Anda bisa saja menulis karena MEMBENCINYA. Dan karena anda membencinya, tunjukkan bahwa anda benci. Maki” kalo perlu.
Yang diatas sekedar contoh aja intinya adalah libatkan diri dan perasaan anda sesuai dng poin 1 dan 2. Beri nyawa pada tulisan anda.
5. WHEN
kapan ==> cari waktu yg tepat untuk mempublish artikel anda
ini sebenarnya adalah tehnik advance. Setiap topik memiliki waktu publish efektif yang berbeda”, tergantung dari poin 3 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs (Site Meter, Extreme Tracking, Google Analytic, dll).
contoh: situs tentang teknologi/gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs tentang entertainment akan mengalami peningkatan di waktu yg sama (berdasar pengamatan pribadi)
tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin terakhir ini jika visitors sudah cukup banyak Jadi jangan pikirkan dulu tentang ini sampai blog Anda mapan
6. WHERE
gak ada. Emang mestinya 4W + 1H kok
Bagaimana?sudah mengerti kah maksud dari konsepan diatas?hehehe,,,,,
good luck, met blogging….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s